KEPENDUDUKAN

Kebutuhan data atau informasi guna perencanaan di bidang kependudukan, sosial ekonomi dan bidang lainnya dirasakan semakin meningkat. Saat ini belum banyak tersedia informasi bidang kependudukan yang lengkap dan menyeluruh. Kebutuhan data jumlah kependudukan awal tahun 2018 bersumber dari data kependudukan yang terdiri dari 1 Kelurahan dan 2 Desa se-Kecamatan Midai, yang dikarenakan pendataan dan rekapitulasi data berdasarkan pengurusan pelayanan di setiap kelurahan dan desa dilaksanakan pada akhir tahun 2017. Hasil pendataan penyebaran penduduk kelurahan dan desa di Kecamatan Midai dapat dilihat pada tabel 3.1. sedangkan data perkembangan penduduk menurut struktur umur dapat dilihat pada tabel 3.2.

Untuk memperoleh gambaran perkembangan penduduk dalam jangka waktu yang lebih pendek (tahunan) diperlukan upaya untuk mendapatkan dari sumber lain.  Dalam hal ini sumber data utama yang dipergunakan dalam publikasi ini adalah hasil pengolahan database dari sistem kependudukan pada Disdukcapil Kabupaten Natuna, meskipun masih belum sempurna dalam sistem pengelolaan, data yang disajikan juga belum lengkap dalam menganalisis secara komperehensif tentang data kependudukan di Kecamatan Midai.

Data kependudukan Bidang Pemerintahan Kecamatan Midai bersifat de jure atau data penduduk yang terdaftar sesuai dengan jumlah penduduk yang terdata mengurus E-KTP di setiap Kecamatan.

 

  • Penduduk dan Rumah Tangga

Dari data Kependudukan Bidang Pemerintahan Kecamatan Midai awal tahun 2018 maka diperoleh informasi penduduk Kecamatan Midai pada awal Juli 2018 berjumlah 3.238 jiwa, yang terdiri dari penduduk laki-laki berjumlah 1.670 jiwa dan perempuan berjumlah 1.568 jiwa, sedangkan Kepala Keluarga berjumlah 1.114 jiwa. Sebaran penduduk pada kelurahan yang terpadat berada di Kelurahan Sabang Barat dan untuk tingkat desa yang terpadat penduduknya yaitu berada pada Desa Sebelat.

 

3.2         Penyebaran Penduduk

Dari jumlah penduduk sebanyak 3.238 jiwa pada awal tahun 2017, data sebaran penduduk Kecamatan Midai dapat dilihat pada tabel 3.1.