PEMERINTAHAN

Kecamatan Midai merupakan Organisasi Perangkat Daerah yang dipimpin kepala pemerintahan Kecamatan (pejabat administrator) yaitu Camat yang kedudukannya merupakan perpanjangan tangan dari Pemerintah Kabupaten Natuna sebagai bawahan langsung dari Sekretaris Daerah Kabupaten dan merupakan penanggung jawab kegiatan pemerintahan di lapangan. Sesuai tugas dan fungsinya pemerintah kecamatan mempunyai kewenangan mengatur dan menyelenggarakan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan yang bertanggung jawab kepada Bupati Natuna. Tanggung jawab pemerintah kecamatan adalah menjalankan roda pemerintahan satu tingkat dibawah Pemerintah Kabupaten Natuna, guna mengatur kewenangan dalam berbagai bidang yang ada diwilayahnya sesuai pendelegasiannya serta sebagai pengendali terhadap dinamika kehidupan sosial masyarakat baik ekonomi, politik maupun sosial budaya.

Dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, Kecamatan Midai membawahi pemerintahan Kelurahan dan Desa dimana pemerintah kelurahan dan desa merupakan struktur pemerintahan tingkat terkecil daerah yang mana kepala pemerintahan kelurahan dan Desa bertanggung jawab kepada Camat sebagai atasan langsung. Kecamatan Midai terdiri dari 2 Desa (Desa Sebelat dan Desa Air Putih) dan 1 Kelurahan (Kelurahan Sabang Barat). Selanjutnya sebagai partisipasi aktif dari masyarakat guna mendukung jalannya pemerintahan ditingkat Kelurahan dan Desa maka dibentuklah RT dan RW sesuai dengan Permendagri No. 07 Tahun 1983 tentang pembentukan Rukun Tetangga dan Rukun Warga. Maka RT dan RW adalah organisasi masyarakat yang dibina oleh pemerintah yang berfungsi sebagai mitra kerja pemerintah dengan operasional yang disesuaikan dengan keadaan lingkungan pemerintahan setempat dan tidak tertutup kemungkinanĀ  masing-masing wilayah atau daerah tertentu mempunyai tata cara yang berbeda baik nama atau kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya sebagai organisasi kemasyarakatan.

Dewasa ini peran serta perangkat RW dan RT sangat penting karena langsung bersentuhan dengan masyarakat karena selain menjadi perangkat terkecil dari pemerintah juga merupakan wadah penyampaian aspirasi masyarakat kepada pemerintah.