SOSIAL

Dengan berlakunya undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Otonomi daerah maka merupakan kesempatan yang luas bagi Pemerintah Kabupaten Natuna untuk dapat menyusun dan menyesuaikan kepentingan daerah dalam konsep pembangunan wilayah yang sesuai dengan kepentingan masyarakat. Oleh karena itu segala kebijakan dan keperluan daerah dapat disusun dan dilaksanakan guna memenuhi kepentingan masyarakat dengan pendanaan yang tersedia melalui penyusunan APBD di tingkat kabupaten/kota. Pembangunan daerah terkait erat dengan sumber daya manusia yang dimiliki daerah, peningkatan sumber daya manusia melalui sarana pendidikan adalah salah satu hal yang perlu di perhatikan guna menciptakan generasi penerus bangsa yang diharapkan mampu menjadi agen pembangunan baik daerah maupun nasional dan sekaligus mampu menghadapi persaingan global.

 

4.1.    Pendidikan

Pendidikan adalah salah satu faktor menentukan dalam melihat kualitas sumber daya manusia suatu daerah. Jumlah sekolah dan guru sangat penting untuk menentukan kualitas pendidikan di daerah dalam menunjang perkembangan suatu daerah. Fasilitas Pendidikan di Kecamatan Midai ditingkat SD, SLTP, dan SLTA cukup berkembang karena dengan bertumbuhnya suatu daerah maka harus ditunjang dengan ketersediaan sarana pendidikan. Hal tersebut dapat dilihat dapat dilihat pada tabel. 4.1.1. Selanjutnya untuk menujang proses pembelajaran maka perlu ditunjang dengan adanya ketersediaan guru pengajar yang ada di sarana pendidikan. Ketersediaan guru pengajar di Kecamatan Midai dapat dilihat pada tabel. 4.1.2.

Berdasarkan data sistem kependudukan Disdukcapil Kabupaten Natuna menurut pendidikan di Kecamatan Midai, untuk selanjutnya dapat dilihat pada tabel. 4.1.3.

=====

4.2.      Kesehatan

Dalam menunjang usaha pemenuhan kebutuhan masyarakat dibidang kesehatan maka perlu disusun program perencanaan yang sistematis. Program tersebut meliputi beberapa aspek penunjang diantaranya adalah fasilitas kesehatan yang memadai yang dapat dilihat pada tabel 4.2.1 serta ketersediaan tenaga medis yang profesional, dapat dilihat pada tabel 4.2.2. Tenaga profesional diharapkan selain memberi pelayanan juga mampu memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar dapat berperilaku hidup bersih dan sehat sesuai dengan Standar Kesehatan Nasional.

=======

4.3.    Penduduk Menurut Agama

Dari hasi rekapitulasi data Sistem Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Natuna terdapat 5 jenis penganut agama di Kecamatan Midai yang ada yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu. Penduduk penganut agama Islam merupakan penganut terbanyak di Kecamatan Midai yakitu sebanyak 2.214 jiwa atau 99,2 % dari jumlah penduduk Kecamatan Midai, data tersebut dapat dilihat pada tabel 4.3.1., sedangkan untuk jumlah tempat ibadah dapat dilihat pada tabel 4.3.2.